Jumat, 13 September 2019

CARA KERJA SMARTPHONE & PRINSIP DASAR SISTEM OPERASI ANDROID

CARA KERJA SMARTPHONE & PRINSIP DASAR SISTEM OPERASI ANDROID



Terkait dengan masa lalu, begitu banyak pertanyaan mendasar yang timbul dari diri pribadi. Waktu saya masih kecil, dahulu sempat berfikir.

Bagaimana sebuah benda kecil atau familiar disebut Handphone bisa hidup saat tombol On Handphone di tekan? melakukan panggilan? Mengirim pesan? Serta menjalankan beberapa fitur di dalamnya? 

Itulah pertanyaan mendasar ketika saya masih gaptek dengan dunia teknologi. Apa-apa pasti pasti penasaran, begitulah sifat saya hingga saat ini.


Di postingan kali ini, admin akan berbagi seputar bagaimana cara kerja smartphone. Yang meliputi dasar-dasar bagaimana cara handphone melakukan panggilan, bagaimana cara kerja sistem operasi Android dan masih banyak hal lain seputar pengertian smartphone.

 Langsung saja, Mari kita Mulai!


Tentang Smartphone


Pertama admin akan membahas apa itu smartphone. Jadi, menurut opini pribadi, smartphone adalah sebuah inovasi teknologi yang terus meningkat, khususnya di bidang cara kerja mobile phone.


Jika dibandingkan handphone masa kini dan handphone terdahulu, tentu perbedaannya adalah 3 berbanding 9. Dulu, sebuah ponsel hanya memiliki fitur yang terbatas. Yaitu diciptakan khusus untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan sebagai alternatif dari telpon rumah.


Makanya, sebutan pertama sebuah ponsel adalah Handphone yang berarti Telpon Genggam. Tetapi untuk saat ini, sebuah handphone telah berevolusi, mulai dari nama yang menjadi Smartphone yang berarti Ponsel Cerdas.


Pergantian dari sebutannya ini di dasari dengan cara kerja smartphone itu sendiri. Selain cara kerja utamanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan, memungkinkan para pengguna untuk menjadikannya sebagai alternatif Desktop Komputer.


Mengapa demikian? 


Mari kita analisis. Saat ini tepatnya di 2019, cara kerja ponsel bukan hanya untuk melakukan panggilan dan mengirim pesan saja. Seperti yang kita ketahui, memungkinkan para pengguna untuk melakukan segala sesuatu hanya dengan satu genggaman. Itulah pengertian smartphone yang disebut sebagai alternatif dari PC. Mulai dari software berupa aplikasi, dan Hardware yang hampir mirip dengan desktop PC.

Cara Smartphone Menghubungi / Melakukan Panggilan


Pernahkah terpikir, bagaimana cara kerja smartphone melakukan panggilan?
Jika pernah, admin akan membahas lebih lanjut tentang cara kerja smartphone menggabungkan panggilan.


Pastinya, ini tak terlepas dari jasa provider di Indonesia.
      Saat sebuah smartphone mulai melakukan panggilan, smartphone tersebut akan mulai bekerja secara khusus. Dimana ia akan mengeluarkan frekuensi gelombang radio dan menyambungkan ke BTS (Base Tranceiver Station) terdekat.


Apa tuh BTS? 

Singkatnya Tower Sinyal…..


Nah disinilah tugas provider, ia akan memantau no tujuan si pemanggil dengan BTS terdekat dan terkuat si penerima.
Setelah provider menganalisis dan memverifikasi bahwa smartphone tersebut merupakan pelanggan yang aktif dari BTS tersebut, maka ia akan mulai mencari kanal tersedia atau kah tidak untuk melanjutkan panggilan.


Kembali ke BTS, selanjutnya ia akan memindai no yang dituju kemudian memverifikasinya. Ini merupakan proses terakhir dimana ia akan mengecek apakah kedua nomor tersebut dapat saling menerima panggilan suara atau kah tidak.


Setelah melewati proses panjang dan tanpa kendala, maka terjadilah Kongkalikong alias tersambung. Ilustrasinya mungkin seperti gambar dibawah.



Windows
Source indonesu.co.id



Jadi seperti itulah cara kerja smartphone melakukan panggilan. Terlihat rumit bukan, dan itu terjadi hanya dalam hitungan detik.


Nah sedikit banyaknya sekarang sobat sudah paham bagaimana proses panjang sebuah smartphone melakukan panggilan. Sekarang admin akan memandu lebih jauh tentang prinsip kerja smartphone yang meliputi berbagai macam fitur-fitur di dalamnya. Semua itu, tidak lain dan tidak bukan adalah karena kedua basic smartphone yang sangat vital akan fungsinya. Yaitu Hardware dan Software.

Hardware


Seperti yang saya sebutkan tadi diatas, bahwa semua yang berkaitan dengan smartphone, maka sebuah smartphone membutuhkan basic dasar untuk bisa hidup dan dapat di operasikan. Salah satunya adalah Hardware yang akan admin bahas.

Hardware
Source techadvisor.co.uk


Pengertian & Fungsi Hardware

Menurut pengertian para ahli, Hardware adalah suatu perangkat fisik yang dapat kita sentuh. Hardware meliputi dasar-dasar pada smartphone, contohnya seperti LCD, Casing, Dan komponen-komponen lain didalam bongkahan smartphone tersebut.


Nah cara kerja hardware terbagi menjadi beberapa bagian. Salah satunya adalah menerima serta mengolah data informasi pengguna. Diantaranya adalah 4 bagian di bawah.



1. Memberi Informasi Input

Ini merupakan cara kerja hardware paling mendasar. Cara kerjanya adalah Hardware tertentu akan memberikan informasi pengguna sesuai apa yang kita inginkan.



Contoh

Sobat melakukan pengisian baterai misalnya. Nah hardware berupa socket USB  akan mengonfirmasi bahwa ada masukan dari pengguna berupa pengisian. Lalu kemudian, ia akan memberi informasi kepada Processor.




2. Mengolah Data

Terkait dengan diatas, kemudian CPU / Processor akan mengolah data informasi dari socket USB yang kemudian akan mengubah serta memberikan ruang kepada layar dan melakukan pengisian kepada batrai tersebut. Dan seketika tampil notifikasi pada layar bahwa smartphone sedang di charge dan berjalan sesuai perintah kita sebagai pengguna.




3. Memberi Info Output

Tentunya cara kerja sebuah Hardware adalah saling keterkaitan. Secara dasar hardware akan memberikan informasi output ini masih terkait dengan cara diatas. Memberikan informasi output disini adalah  dimana CPU akan memerintah kepada Layar monitor untuk menampilkan gambar sesuai perintah kita sebagai pengguna
( Brainware )




4. Menyimpan Proses Data


Selain cara kerja diatasi, Hardware juga berfungsi sebagai pengolahan serta penyimpanan data sekunder pada smartphone. Di dalam Hardware, CPU berperan penting sebagai pusat pengolahan data-data mentah hingga menjadi data yang kita inginkan sesuai bahasa pemrograman. Ini merupakan gambaran sebuah Hardware bekerja. 

Agar Hardware dapat bekerja secara optimal, maka sebuah Hardware membutuhkan perangkat lunak untuk menampilkan bahasa / intruksi pengguna berupa kode-kode pemograman. Maka diciptakanlah perangkat lunak atau familiar di sebut software. Paling mendasar tentang Software adalah Sistem Operasi.

Software

Sistem Operasi Android atau dalam bahasa Inggris Operating System adalah salah satu Software / Perangkat Lunak yang mengatur serta mengontrol perangkat keras atau tepatnya Hardware dalam menjalankan aplikasi smartphone.


Android merupakan sistem operasi OS mobile berbasis Linux pada sistem operasi Desktop yang dirancang khusus untuk ponsel pintar layar sentuh.


Dengan tampilan antar muka yang memanipulasi langsung tindakan nyata seperti mengetuk, menggeser dan mencubit untuk mengarahkan pada objek di layar, kelebihan inilah yang dikembangkan android sehingga smartphone pada masa kini, sangat erat kaitannya dengan smartphone layar sentuh.


Perlu diketahui, android adalah satu-satunya sistem operasi mobile terbuka, dan Google selaku pemilik android telah merilis kodenya dibawah lisensi Apache. Dengan kode terbuka beserta lisensinya tersebut, memungkinkan OS android dapat di modifikasi dan didistribusikan oleh para developer.

Nah itulah keterangan singkat tentang sistem operasi android, sekarang admin akan menguak bagaimana cara OS android tesebut bekerja.



Cara Kerja Os Android

Windows
Doc. Pribadi


Sebagai perangkat lunak atau software yang sangat penting akan fungsinya, sistem operasi Android bekerja sebagai penerjemah bahasa pemrograman yang dihasilkan oleh hardware bernama centre processing unit ( CPU )


Contoh Fungsi Sistem Operasi Android

Seperti biasa agar mudah dipahami, admin akan memberikan sedikit gambaran bagaimana cara kerja sistem operasi Android.


Windows
Doc. Pribadi



Saat pertama kali smartphone di hidupkan dengan menekan tombol power, perlu diketahui bahwa pada saat itu sistem operasi Android belum bekerja melainkan Hardware ROM
( Read Only Memory ) yang akan menganalisis tiap-tiap memory yang terletak pada smartphone.

Setelah proses start-up berjalan lancar, maka saat itu pula hardware & software akan melakukan tugasnya masing-masing secara bersamaan.

Prosesnya adalah hardware bernama CPU akan menampilkan bahasa pemrograman berupa kode yang pastinya tidak dapat di mengerti oleh manusia.

Sedangkan sistem operasi Android akan menerjemahkan bahasa pemrograman kode hardware tersebut berupa Grafis, Suara, dan Getaran sehingga akan tampil pada layar LCD smartphone dalam keadaan stanby. Siap digunakan.


Ilustrasinya mungkin seperti ini.

Ibaratnya sobat ingin berinteraksi dengan orang luar negeri seperti Bule.
Sedangkan sobat sendiri tidak tahu menahu soal bahasa Inggris.
Disini pastinya sobat akan kesulitan tanpa bantuan orang lain sebagai penerjemah.
Nah, dengan adanya orang lain sebagai penerjemah, pastinya orang tersebut akan mengartikan apa yang si bule sampaikan.


Jadi, peranan sebuah sistem operasi android adalah sebagai sarana atau suatu penerjemah bahasa mesin berupa hardware. Karena sejatinya, tak dapat dipungkiri bahwa pengguna smartphone akan berinteraksi dengan mesin / robot.


Nah, dengan OS android itulah bahasa robot berupa hardware akan di tampilkan sesuai apa yang pengguna akses di dalam smartphone. Perlu diketahui, ini merupakan sebagian dasar dari cara kerja sistem operasi android.
   Cara kerja atau pun fungsi android lainnya terbagi menjadi beberapa bagian, diantaranya adalah.




Fungsi Software OS Android


1. Menampilkan Bahasa Mesin

Tampilan yang sobat lihat pada saat smartphone Standby, itu adalah bentuk atau hasil dari suatu pengoperasian android di belakang atau background monitor LCD.

Karena jika tanpa suatu pengoperasian sistem operasi android, layar monitor beserta hardware nya pun tidak akan menampilkan informasi apapun alias blank.

Banyak kasus berupa smartphone mentok di logo, restart-restart sendiri, atau bahkan mati total. Nah hal itu dapat di pastikan bahwa smartphone tersebut mengalami masalah di bagian software berupa sistem operasi android.




2. Menjalankan Software Berupa Aplikasi

Fungsi software sistem operasi android lainnya adalah sebagai sarana atau tempatnya aplikasi berjalan.

Misalkan sobat membaca artikel ini menggunakan Chrome, nah pada saat sobat meng-klik ikon aplikasi tersebut maka secara otomatis sistem operasi android akan melakukan pemanggilan data yang tersimpan dalam memory internal / HDD.

Android OS akan mengenali aplikasi dalam format APK dan menganalisis data-data didalam APK tersebut sehingga berjalan lah chrome hingga sampai ke artikel ini.




3. Mengatur Kerja Hardware & Software

Menurut analogika, sistem operasi android berada di lapisan tengah. Dimana android OS akan meng kordinasi perangkat keras hardware dan perangkat lunak software.

Orang-orang sering menyebutkan sistem operasi android adalah Resource Manager di dalam perangkat smartphone.

Maksudnya, OS android akan bekerja mengontrol fungsi hardware seperti memory dan DLL. Jika dalam bongkahan panel / hardware ada sebagian yang bermasalah, maka OS android tidak akan merespon masukan dari pengguna. Sebaliknya android akan menampilkan Program Error di layar LCD.

Contohnya seperti kasus mentok di logo, pastinya hanya ada dua kemungkinan hal tersebut bisa terjadi.
Antara OS android itu sendiri, atau dari hardware berupa IC Flash.  


4. Melindungi Program

Fungsi lainnya dari OS android adalah dimana ia memiliki fitur yang memungkinkan untuk mengamankan program android itu sendiri.

Android akan mengendalikan pengguna dalam mengakses program smartphone, memungkinkan untuk mengunci serta membatasi siapa yang berhak mengakses smartphone.

Seperti di android Lolipop ke atas, android memiliki fitur bernama Bypass yang memiliki cara kerja akan mengunci smartphone pada saat di restart pabrik.

Sekian Pembahasan tentang cara kerja SMARTPHONE, semoga bermanfaat bagi yang membaca.


Sumber Artikel : 
zzpersonal.blogspot.com

    Choose :
  • OR
  • To comment
Tidak ada komentar:
Write komentar